google-site-verification=R4zqZQqK4U7JLu-ch8JoqY7uSYAgQazsGGMgLBrd5oo EXPLORE INDONESIA: 8 Fenomena Alam Unik yang Terjadi di Indonesia Sepanjang 2017

Cursor

Happy Cute Box Bear

Rabu, 28 Maret 2018

8 Fenomena Alam Unik yang Terjadi di Indonesia Sepanjang 2017

Apabila di tahun 2016 masyarakat Indonesia mendapatkan kesempatan istimewa untuk menyaksikan gerhana matahari, di tahun 2017 kita kebagian kesempatan untuk menyaksikan gerhana bulan. Tak hanya gerhana bulan, beberapa fenomena alam lainnya juga pernah terjadi di tahun ini. Dari sekian banyak fenomena alam yang terjadi di 2017 ini, beberapa di antaranya tampak begitu unik dan mencuri perhatian banyak orang. Apa saja fenomena alam unik yang terjadi selama 2017? Berikut daftarnya.
Pada tanggal 28 Maret 2017 lalu, di sore hari, hujan es mengguyur Jakarta. Di antara tetesan air hujan, terdapat bongkahan-bongkahan es yang tidak begitu besar, tapi cukup banyak.
Hujan es umumnya terjadi pada masa peralihan musim, baik itu dari musim kemarau ke musim hujan ataupun sebaliknya. Biasanya, sebelum terjadi hujan es, udara akan sangat panas dan gerah karena selain suhu yang meninggi, kelembapan pun meningkat.

Hujan Es Batu di Jakarta
Hujan Es Batu di Jakarta (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)

Setelah menjadi saksi gerhana matahari total pada tahun 2016, masyarakat Indonesia kembali menjadi saksi bagi fenomena alam langka, yakni gerhana bulan sebagian yang terjadi pada tanggal 7-8 Agustus 2017.
Gerhana ini muncul pada pukul 22.48 WIB hingga 03.52 WIB dan mencapai puncaknya pada pukul 01.20 WIB. Total, sejak mulai hingga selesai, gerhana bulan sebagian berlangsung selama 5 jam 4,9 menit. Gerhana ini bisa dinikmati dari seluruh wilayah di Indonesia.

Gerhana Bulan Sebagian di Gianyar
Gerhana Bulan Sebagian di Gianyar (Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

3. Hujan Satu Rumah Di Tebet
Hujan lokal memang sudah biasa, namun hujan lokal yang satu ini sangat tidak biasa karena hanya terjadi di satu rumah.
Pada tanggal 30 Agustus 2017, akun Twitter @febicil memposting video sebuah rumah di Tebet yang diguyur hujan. Yang membuat heboh adalah video ini memperlihatkan hanya satu rumah yang diguyur hujan, sementara tetangga kanan-kirinya kering.
Kejadian hujan satu rumah itu terjadi disebut-sebut hingga 6 jam, dari pukul 6 sore hingga 12 malam.



https://kumparan.com/@kumparansains/8-fenomena-alam-unik-yang-terjadi-di-indonesia-sepanjang-2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

PASKIBRAKA KAB.MOJOKERTO

PASKIBRAKA  KABUPATEN MOJOKERTO  2019 Hallo rek.. .  saya disini ingin berbagi pengalaman saya mengenai paskibraka . PASKIBRAK...

Popular Posts